Rabu, 10 September 2014

Bahasa Jawa fenomenal



Budaya yang kaya ?
Budaya jawa menurut penelitian dan pemikiran saya adalah budaya yang paling komplit dan tertua, hal ini dapat kita amati melalui kacamata bahasa jawa yang mana menunjukkan kedewasaan, komplet dan fasih dalam menyebutkan benda istilah dan berbagai macam pembedaan yang ada, sehingga bahasa jawa tidak perlu penafsiran kata, lain halnya dengan bahasa indonesia, bahasa inggris dan bahasa arab, contoh : penyebutan nasi dan padi dan hasilnya pada bahasa indonesia, inggris rice, arab alrice namun berbeda bahasa jawa mampu menterjemahkan, liwet, karak, pari, gabah, leri, tajin, dan banyak lagi. Contoh lain mengenai Bau tidak enak, jawa : ada pesing, badek, batang, bosok, bacin, tengik dan masih banyak lagi.
Itulah letak kejelasan dalam menterjemahkan setiap apa yang di terima indera orang jawa dan bahasa jawa mampu menterjemahkan apa yang di terima indera dengan jelas, gambang tanpa menambahkan kata yang banyak.
Oleh karenanya bangsa indonesia patutlah melestarikan dan bangga akan bahasa dan budaya jawa, saya sangat mendukung berkembangnya bahasa dan budaya jawa masuk ke relung jiwa dan bisa di terapkan dalam keseharian kita.
[ muhammad syaifudin zuhri ]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar